Pages

Saturday, October 4, 2014

Kuning Telur, Cuka dan Lidah Buaya dapat mempercantik wajah

Seringkali kita mendengar bahwa dengan memiliki wajah yang berminyak itu sangat merepotkan. Namun apabila kita rajin dan rutin menjaga kesehatan wajah, maka wajah yang berminyak dapat berubah menjadi bersih, mempesona dan menjadi cerah. Kalau kita rajin melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami seperti kuning telur, cuka dan lidah buaya, maka kandungan minyak pada wajah andah dapat berkurang. Benarkah hal tersebut ?

Mempunyai wajah yang berminyak memang patut kita berhati-hati, karena kandungan sebum didalam kelenjar sebasea lebih banya, sehingga kotoran yang tidak dibersihkan akan menumpuk, sehingga dapat menimbulkan jerawat / acne. Jerawat adalah salah satu masalah kulit, yang paling mengganggu bagi banyak wanita, karena wajah akan menjadi lebih kotor, kusam dan terlihat mengkilat, sehingga tentu saja akan mempengaruhi penampilan anda. Kulit wajah yang berminyak biasanya ditandai dengan kulit yang cenderung akan lebih tebal dan pori-pori lebih lebar. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengurang timbulnya jerawat, seperti rutin mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari, sebelum dan sesudah kita melakukan kegiatan sehari-hari. Cara lainnya adalah dengan menghilangkan minyak pada wajah anda dengan kertas penyerap minyak, serta membersihkan  make up setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Agar wajah kita tidak terlalu mengkilap karena minyak, ada beberapa bahan tradisional yang alami yang dapat digunakan yaitu lidah buaya, cuka dan kuning telur.

Kuning Telur dapat mempercantik wajah
1. Kuning Telur
Kuning telur mengandung banyak mineral dan vitamin yang tidak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga bagi kecantikan kita. Kuning telur mengandung vitamin B12, zinc dan zat besi yang dapat membantu kulit wajah yang berminyat. Selain itu kuning telur juga bermanfaat digunakan sebagai masker.

Cara menggunakan kuning telur :
Ambil Cotton buds kemudian ditempelkan pada bagian wajah yang berminyak. Apabila seseorang yang memiliki kulit wajah yang kombinasi, biasanya didaerah T atau daerah pada dahi hingga hidung yang banyak mengandung minyak. Berikan kuning telur yang sudah kita pisahkan dengan putih telur pada wilayah daerah T, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya cuci dengan menggunakan air hangat, selanjutnya cuci lagi dengan menggunakan air dingin, supaya pori-pori wajah tertutup kembali. Kuning telur yang mengandung vitamin E, dengan vitamin E dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Setiap manusia mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda, dengan menjaga kebersihan wajah adalah hal yang utama. Bila Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, maka sebaiknya melakukan perawatan dalam dua kali seminggu, bisa juga sebelum kita tidur di malam hari. Perawatan yang sering kita lakukan dalam satu bulan dapat menghilangkan kulit berminyak, apabila tidak kita jaga, maka akan memakan waktu 3 – 6 bulan.

Cuka dapat mempercantik wajah
2. Cuka
Cuka adalah bahan pelengkap masakan, tapi juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Gunakan masker cuka untuk kulit berminyak, karena dapat mengurangi sebum pada wajah, sehingga jerawat dapat teratasi.

Tujuan dari exfoliation alami menggunakan cuka adalah mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat, melancarkan aliran darah pada wajah sehingga membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah. Manfaat lainnya dari Cuka adalah membuka pori-pori wajah agar krim-krim kecantikan seperti moisturizer, masker dan serum wajah dapat meresap dengan sempurna ke dalam kulit wajah.

Cara melakukan perawatan ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan cuka apel atau cuka putih. Wajah yang sudah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah, dilap kering, lalu rendam sapu tangan dengan air cuka, lalu peras tapi jangan sampai terlalu kering. Tempelkan sapu tangan yang terendam dengan air cuka pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Bila kulit sensitif, campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Misalkan 200 ml air dan 200 ml cuka. Atau bisa juga membekukan air cuka untuk memberikan efek pendinginan. Untuk hasil yang maksimal dapat melakukan perawatan setiap malam sebelum tidur selama dua hingga tiga minggu. Produksi minyak pada wajah akan berkurang, sehingga jerawat tidak mudah lagi muncul.

Menurut Edwina Rahmayanti, herbalis, penggunaan cuka sebagai perawatan harus lebih hati-hati. Karena cuka yang ada di pasaran mengandung zat kimia sintetis, yang ditakutkan akan menimbulkan luka pada kulit wajah. Zat sintetis yang terkandung dalam cuka dapat menyebabkan kulit mengelupas, radang dan terbakar. Namun, jika menggunakan cuka apel atau cuka dengan bahan non-sintetis cukup aman digunakan. Selain itu, agar penggunaan cuka aman, maka sebaiknya cairan cuka dicairkan lagi dengan air bersih agar tidak terlalu kental sebelurn digunakan sebagai masker cuka.

Lidah Buaya dapat mempercantik wajah
3. Lidah Buaya
Lidah buaya yang dikenal dengan nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Milleer adalah tanaman yang mengandung manfaat bagi kecantikan wajah. Dengan daging lidah buaya, memiliki kandungan untuk perawatan kecantikam, seperti wajah, rambut dan tubuh kita. Adapun vitamin yang terkandung dalam lidah buaya adalah vitamin A, C dan E yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah kita. Selain itu lidah buaya juga mengandung Antimikroba dan asam Amino yang dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, meremajakan kulit dan mendetoksifikasi kulit kita.

Cara membuat masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat dan perawatan kulit berminyak cukup mudah, yaitu dengan mengupas kulit lidah buaya dan membersihkan lendir dari daging lidah buaya dengan air bersih. Lalu potong kecil-kecil daging lidah buaya, blender hingga lidah buaya dengan kasar. Lalu bersihkan kulit wajah dengan sabun pembersih khusus wajah, dan oleskan lidah buaya yang sudah dihancurkan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka lalu lanjutkan dengan membasuhkan air dingin untuk menutup pori-pori kulit wajah. Lakukan perawatan ini selama dua minggu berturut-turut hingga jerawat yang timbul mengecil.

Yang Harus Dihindari. Di samping melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami, menurut Dr. Mohamad zia Ulhaq, herbalis, agar kulit tidak berminyak sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan seperti kacang-kacangan, makanan panas, pedas, berminyak dan bersantan. Selain itu hindari asap rokok dan aktivitas yang berlebih agar kelenjar sebum atau sebasea tidak aktif secara berlebih. Asap rokok sangat berpengaruh karena bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan kulit tidak teroksidasi dengan baik.

Jika sudah menghindari faktor penyebabnya maka langkah yang dilakukan untuk perawatan kulit berminyak antara lain memakai masker   cuka, lidah buaya, dan kuning telur. Disarankan juga untuk melakukan olahraga agar tubuh berkeringat karena dalam, keadaan berolahraga kelenjar minyak akan aktif. Setelah berolahraga bersihkan wajah untuk mengurangi minyak berlebih atau kelenjar sebasea agar tidak terlalu aktif serta hindari pemakaian pakaian terlalu ketat agar tidak terlalu lembab.

Pemakaian masker bisa dilakukan setiap hari dan imbangi dengan proses pemijatan agar wajah terelaksasi dengan baik. Bisa saja pemakaian masker dua kali sehari misalnya masker madu, pada pagi hari dan masker bengkuang pada malam hari, lakukan hingga kadar minyak di wajah berkurang. 

Kulit Berminyak. Berdasarkan pendapat dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK, mengemukakan bahwa memiliki kulit wajah berminyak harus diperlukan perhatian yang lebih, dibanding dengan jenis kulit wajah normal atau sensitif, bahkan jenis kulit yang kombinasi. Karena kulit wajah berminyak lebih tebal dan pori-pori lebih lebar, sehingga jika kegiatan terlalu banyak, maka tubuh bisa berkeringat. Sehingga wajahpun akan lebih mudah menghasilkan sebum yang diproduksi pada kelenjar sebasea. 

Kulit wajah berminyak memang biasanya terlihat lebih kusam, kotor, dan mengkilap. Untuk mengatasi produksi minyak dapat menggunakan kertas penyerap minyak, namun perlu diingat kertas penyerap hanya menghilangkan minyak sementara sehingga-wajah tidak terlalu mengkilap.

Sebenarnya perlu perawatan khusus seperti mencuci wajah setiap hari minimal dua hingga tiga kali. Gunakan sabun pembersih tanpa pewangi atau hindari pembersih yang mengandung minyak. Oleskan juga sunblock untuk melindungi kulit wajah sebelum beraktivitas di luar rumah. Penggunaan make up pun harus berhati-hati dan sebaiknya menggunakan produk make up khusus untuk kulit berminyak. Tidak dianjurkan menggunakan bedak tabur karena mampu memperbanyak produksi minyak pada wajah. Anda dapat menggunakan bedak cair karena bersifat astringent dan mengandung antioksidan yang lebih kuat, mudah dibersihkan dan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Apabila kotoran yang ada dikulit wajah belum bersih oleh sabun pembersih, maka lakukan perawatan fasial, agar komedo yang akan menjadi jerawat, bisa disembuhkan. Maka lakukanlah perawatan fasial selama dua minggu sekali. Dan apabila komedo berkurang, maka lakukan perawatan selama satu bulan sekali. Perlu diingat selain kita melakukan perawatan kecantikan, kita juga perlu menjaga pola makan yang teratur. Karena dengan makan teratur, dapat menghindari jumlah lemak sebum. Lakukan diet rendah lemak dan karbohidrat. Hidup yang teratur dengan istirahat yang cukup, sebaiknya lakukan istirahat 8 jam dalam sehari. Jangan makan makanan pedas, jangan merokok dan perbanyaklah minum air putih untuk membantu kelembaban kulit tubuh kita.

0 komentar:

Post a Comment