Pages

Saturday, October 4, 2014

Rajin Membersihkan Wajah Dapat Menghilangkan Jerawat

Rajin Membersihkan Wajah Dapat Menghilangkan Jerawat
Make up adalah hal yang sering dilakukan perempuan untuk menjaga penampilan mereka, walau wajah mereka bermasalah, tapi make up tetap dilakukannya. Hal tersebut dilakukan karena untuk menutupi kekurangan, misalnya untuk menutup bekas jerawat / acne, sehingga penampilan lebih baik dan menambah rasa percaya diri. Namun apakah masalah kulit wajah hanya ditutupi oleh make up saja ?. Tentu saja tidak, karena make up hanya menutupi dan bukan mengatasi masalah jerawat. Sebaiknya kita harus merawat wajah kita, untuk mendapatkan penampilan yang cantik.

Beberapa menganggap bahwa make up bisa memperburuk masalah pada kulit, terutama masalah jerawat. Jerawat akan lebih parah jika bermake up. Biasanya masalah kulit yang timbul karena pemakaian make up, bukan disebabkan oleh produk make up itu sendiri, tetapi diakibatkan pembersihan yang tidak sempurna, serta perawatan wajah yang salah. Sebenarnya tidak masalah menggunakan make up, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah pembersihan dan perawatan wajah.

Untuk kasus jerawat tertentu yang parah, dokter menyarankan untuk tidak menggunakan make up terlebih dahulu, untuk pengobatan optimal. Tidak jarang banyak pasien yang mengeluhkan hal ini, karena mereka merasa tidak percaya diri dengan penampilan wajah yang cenderung berminyak dan mengkilap apabila sedang dalam masa pengobatan, karena efek dari penggunaan krim tertentu. Sebenarnya jika disimak lebih jauh lagi, dokter juga menciptakan bedak khusus atau minimal foundation khusus yang dapat direkomendasikan untuk masalah wajah berjerawat. Bukan sekadar iklan atau bisnis semata, tetapi dengan bedak dan foundation yang dibuat, ada kandungan tertentu yang dapat membantu mengurangi masalah jerawat.

Kita mendapat dua keuntungan dari hal tersebut, Anda tetap dapat berpenampilan lebih baik, di sisi lain juga sekaligus mengurangi masalah jerawat, karena efek pengobatan dari produk tersebut. Maka alangkah baiknya jika wajah Anda bermasalah dengan jerawat, konsultasikan dengan dokter ahli kecantikan dan kesehatan kulit.

Dalam hal membersihkan wajah, perlu diingat bahwa karena Anda memakai make up, ada dua langkah membersihkan muka yang wajib Anda lakukan :

Pertama, bersihkan make up secara menyeluruh menggunakan susu pembersih atau cleansing milk, cleansing balm, atau cleansing oil, sesuai dengan jenis kulit. Pastikan tidak ada make up yang tersisa di wajah Anda.

Kedua, Setelah make up dibersihkan dengan cleansing milk, maka lanjutkan dengan membersihkan muka dengan sabun muka, sehingga pori-pori wajah bersih sempurna. Proses ini disebut dengan double cleansing. Setelah kulit wajah dibersihkan, keringkan dengan handuk yang lembut. Lalu semprotkanlah toner ke wajah agar dapat mengembalikan pH alami pada kulit.

Jangan sampai Anda malas membersihkan wajah, apalagi jika make up masih ada pada kulit, pori-pori akan tersumbat oleh sisa make up tersebut, sehingga dapat memperparah jerawat. Pembersihan yang tidak sempurna, dapat menimbulkan masalah pada kulit, apalagi kalau wajah tidak dibersihkan sama sekali, bisa Anda bayangkan, bukan?. Perawatan mingguan, lakukan scrub seminggu dua kali, jangan sembarangan menggunakan scrub, apalagi untuk kondisi wajah yang masih berjerawat. Ada scrub khusus yang cocok untuk kondisi ini, gunakan scrub halus (without granule), Anda dapat menanyakan pada dokter ahli mengenai scrub yang cocok untuk kulit berjerawat tersebut. Anda juga dapat menggunakan masker seminggu sekali. Ada berbagai macam bentuk masker gunakan pula masker yang cocok untuk kondisi kulit berjerawat.

Perawatan bulanan, lakukan perawatan facial secara rutin dalam sebulan sekali, untuk pembersihan lebih dalam dan pengangkatan komedo, sehingga wajah bersih maksimal, sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

Jika Anda merawat kulit dengan baik, maka masalah jerawat sebenarnya dapat dihindari, sekalipun Anda menggunakan make up, hal ini malah tidak akan mengganggu sama sekali, kecuali dari produk make up nya sendiri yang dapat menyebabkan ketidakcocokan pada kulit wajah Anda. Tanyakan pada dokter ahli mengenai make up yang cocok untuk kondisi wajah Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment