Pages

Saturday, October 4, 2014

Bawang Putih Dapat Menghilangkan Jerawat

Bawang Putih Dapat Menghilangkan Jerawat
Jerawat atau Acne adalah salah masalah yang banyak dialami wanita maupun pria, karena dengan wajah yang penuh jerawat dan bekas-bekas jerawat membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Sudah banyak cara yang digunakan untuk menghilangkan jerawat, antara lain dengan obat, suntik jerawat, namun ternyata bawang putih juga dapat menghilangkan jerawat. Oke lanjut kita artikel bahas hal tersebut.

Jerawat yang merah atau sudah membangkak ternyata bisa diobati dengan bawang putih. Walaupun bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata juga berkhasiat sebagai antibakteri yang dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah kita, termasuk juga pada kulit yang terkena jerawat. Selain itu bawang putih mengandung komponen zat organosulfur yang dapat menghaluskan dan melembutkan kembali kulit yang terkena jerawat. Stretch Mark atau guratan panjang pada kulit yang diakibatkan oleh perubahan tubuh dari kurus ke gemuk, dapat dihilangkan dengan menggunakan bawang putih. Tentunya anda sudah mengenal dengan minyak Atsiri yang mengandung bawang putih yang berguna menghilangkan bakteri yang mengganggu kesehatan kita.

Bawang putih mengandung antibiotik alami yang berada di dalam tubuh, serta juga mengandung Vitamin A, B, C, potasium dan kalsium. Kita ketahui Vitamin A dapat melembabkan kulit yang kering dan keriput, serta mengatasi masalah jerawat. Bawang putih juga mengandung karoten dan selenium yang merupakan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas atau racun di dalam tubuh. Selenium merupakan mikro mineral yang bekerja sebagai antikerusakan dan antioksidan dari sel-sel tubuh, yang dapat mengakibat zat-zat racun yang merusak sel tubuh yang normal. Bawang putih dapat bermanfaat sebagai penawar racun yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Selain dapat mengatasi jerawat, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan gairah seks, menghilangkan gejala flu, membunuh cacing perut, mengobati rematik dan juga menghilangkan insomnia. Bawang putih juga dapat memerangi penyakit degeneratif seperti kanker, hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes dan ketidakseimbangan kolesterol. Para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan dapat juga menurunkan berat badan.

Bawang putih dapat juga dimakan mentah. Menurut Herbalis lndriana Kumala Dewi, untuk mengatasi jerawat bawang putih dimakan secara mentah 1-2 siung setiap hari. Bila tidak suka dengan aromanya yang getir maka bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti sayur-sayuran untuk menyamarkan rasa dan aroma asli dari bawang putih. Saat mengolah sayur, perbanyak cita rasa bawang putihnya.

Selain dimakan langsung, menurut Hesti Widya Ningrum, herbalis sekaligus pemilik klinik herbal, untuk mengatasi jerawat bawang putih juga bisa dibuat masker. Caranya 1-2 siung bawang putih dihaluskan, kemudian dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat, lalu didiamkan selama semalaman. Saat pemakaian akan timbul efek panas pada wajah yang berjerawat, namun efek tersebut justru merupakan proses zat antiperadangan pada bawang putih sedang bekerja dengan baik.

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah bawang putih dapat dicampurkan pada masker yang biasa kita gunakan, lalu ditempelkan pada wajah yang berjerawat. Masker ini sebaiknya digunakan seminggu sekali. Gunakan tumbukan bawang putih sebagai scrub di wajah hal ini juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Usapkan pada kulit wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan yang memutar.

Namun demikian walau bawah putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bawang putih juga berbahaya bagi kesehatan kulit apabila digunakan secara berlebihan. Kenapa bisa demikian ?. Karena bawang putih mengandung antibakteri dan peradangan yang dapat mengikis kekebalan tubuh kulit kita. Selain itu antibiotic yang berlebihan dapat mengurangi kesehatan tubuh dan nafas kita menjadi bau atau tidak sedap.
Bawang Putih Dapat Menghilangkan Jerawat

0 komentar:

Post a Comment